Sampaikan Tausiah di Masjid Nurul Muhsinin

Perhatikan Hak-hak Tetangga, Begini Kata Ustadz Edi Azhar 

Ustadz Edi Azhar saat sampaikan tausiah di Masjid Nurul MuhsininJalan Ikan Mas, Kecamatan Marpoyan Damai, Rabu (2/2/2022)

Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru

 DALAM   islam mengajarkan kepada umatnya tidak hanya beribadah secara vertikal kepada Allah  SWT (Habluminallah). Tetapi, juga beribadah sosial atau hubungan ibadah secara horizontal sesama manusia (habluminannas).

Di antara habluminannas tersebut, bahwa Islam mengajarkan tentang berhubungan yang baik dengan tetangga.  Demikian dikatakan ustadz Edi Azhar SAg Mpdi saat memberikan tausiah di Masjid Nurul Muhsinin, Rabu (2/2//2022) usai salat magrib berjamaah.


" Ya hak-hak tetangga sangat penting untuk diperhatikan oleh tertangga yang lain.Selain itu, saling menghormati satu sama lain, sehingga akan terjalin hubungan yang baik dan harmonis," ungkap Edi Azhar. 

Bahkan, sangat pentingnya hak tetangga kata Edi Azhar jika ada tetangga yang memasak gulai atau yang lainnya berlebih lah membuat kuahnya. "Ini maknaya  saling memberi satu sama lain.Bahkan, kata Nabi  Muhammad SAW bersabda Jibril tak henti-hentinya berwasiat kepadaku agar berbuat baik kepada tetangga, " terang Edi Azhar .

Selain itu ,ditambahkan Edi Azhar selalu berbuat baik dan muliakan tetangga. Dengan begitu hubungan akan semakin baik dan terjaga. 

"Nabi  Muhammad SAW juga bersabda, barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Oleh sebab itu, jagalah hubungan yang baik dengan tetangga kita," ujar Edi Azhar.

Sambung Edi Azhar jika ada persoalan yang dihadapi maka berkordinasilah dengan tetangga. "Contohnya jika ingin menjual rumah, maka tanyakanlah sama tetamgga terdekat dulu,  apakah mereka juga mau membeli. Ini merupakan sikap yang baik, sehingga hubungan tidak rusak. Begitu juga jika ada tanaman yang berbuah, maka kasihkan juga kepada tetangga yang terdekat. Begitulah adab yang diajarkan dalam islam," tutur Edi Azhar. 

Lanjut Edi Azhar, dalam adab juga diajarkan tidak menyakiti tetangga dengan ucapan atau perbuatan yang tercela. 
"Berbuat baiklah kepada tetangga. Salah satunya dengan menolongnya jika ia meminta pertolongan, membantunya jika ia meminta bantuan, menjenguknya jika ia sakit. Dan  menghiburnya jika ia mendapat musibah, mengucapkan selamat jika ia bahagia. Dengan begitu hubungan antar tetangga akan semakin baik dan damai," pungkas Edi Azhar.***

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar